Ini 10 Fakta Kiper Legenda Manchester United, Peter Schmeichel

Posted on

Belum banyak orang yang tahu detail tentang Peter Schmeichel, bagaimana keahliannya, prestasinya dan sejumlah trophy yang sudah diraihnya bersama Manchester United. Nah! dalam artikel kali ini saya ingin membahasnya untuk anda sebuah artikel yang berasal dari situs agen bola yang sudah terbukti autentikasinya secara detail menerangkan tentang pokok pembahasan yang sedang kita bahas yaitu:

  1. Sebelum beranjak menjadi pemain profesional, Peter Schmeichel pernah bekerja serabutan di berbagai tempat serta jenis pekerjaan. Pekerjaan pertama Schmeichel sebagai tenaga pencelup di suatu pabrik tekstil. Lalu Schmeichel pernah juga menjadi tenaga untuk membersihkan rumah-rumah dalam waktu 12 bulan, Schmeichel bekerja di tim World Wildlife Fund (WWF), manager penjualan sebuah toko, dan yang terakhir di perusahaan periklanan yang dimiliki bos Hvidovre (klub pertamanya).
  2. Karier profesional Schmeichel diawali di Hvidovre. Pada tahun 1985, Hvidovre merupakan klub yang memiliki pertahanan terbaik, mereka hanya kebobolan 40 gol dari 30 pertandingannya, namun mereka sempat terdegradasi. Musim selanjutnya, Hvidovre kembali promosi lagi. Namun tahun 1986 Schmeichel pindah ke klub Brondby IF. Tahun 1987 Schmeichel berhasil menjuarai gelar Liga Utama Denmark, serta membuat debutnya di tim nasional Denmark di bawah asuhan pelatih Sepp Piontek.
  3. Lima tahun membela Brondby, Schmeichel berhasil memenangkan empat gelar juara. Schmeichel membawa Brondby merengkuh semifinal kejuaraan Piala UEFA. Setelah turnamen, Schmeichel pun terpilih sebagai kiper terbaik ke-10 di dunia sepakbola, dalam perolehan pendapat yang diadakan oleh IFHHS.
  4. Hijrah ke Manchester United pada tahun 1991 dengan nilai transfer 530 ribu Poundterling. Pelatih kepala Manchester United, menyatakan jika harga Schmeichel merupakan ‘bargain of the century’. Bersama Manchester United, Schmeichel telah melewati tahun-tahun terbaiknya. Schmeichel juga berhasil menghatarkan Denmark meraih podium kejuaraan Euro tahun 1992, dan Schmeichel juga dinobatkan sebagai kiper terbaik di dunia.
  5. Musim 1992/1993, Schmeichel menonjolkan sosoknya sebagai kiper yang tangguh dengan tidak mengalami kebobolan dalam 22 pertandingan. Manchester United meraih gelar juara Liga Primer untuk pertama kalinya dalam 26 tahun. Namun di tahun 1993, Schmeichel nyaris dipecat oleh Ferguson, karena pertengkaran dengan sang pelatih usai laga kontra Liverpool. Manchester United unggul 3 gol terlebih dahulu. Schmeichel melakukan blunder, yang mengakibatkan Setan Merah harus bermain imbang 3-3.
  6. Schmeichel mengakhiri karier bersama di Manchester United tahun 1999, Schmeichel merasa kariernya di MU telah terancam. Schmeichel merasakan jika kemampuannya bermain di level atas sudah menurun, hal tersebut karena usianya telah mencapai 35 tahun. Schmeichel hijrah ke Liga Utama Portugal, untuk bergabung bersama Sporting Lisbon, yang dianggapnya kurang berstandar tinggi.
  7. Schmeichel akhirnya kembali ke Inggris, Schmeichel bermain membela Aston Villa serta terakhir Manchester City. Schmeichel akhirnya mundur dari dunia sepakbola tahun 2002, Schmeichel kemudian bekerja menjadi komentator TV hingga 2005.
  8. Schmeichel terkenal sebagai kiper yang selalu menggunakan tubuhnya guna mengintimdasi penyerang lawan. Tinggi badan Schmeichel mencapai 1,93 meter,. Selama kariernya di dunia sepakbola, Schmeichel telah mencetak 11 gol, termasuk 1 gol untuk timnas Denmark, dan Schmeichel tercatat sebagai pemain yang paling banyak membela negaranya, 129 laga 1987-2001.
  9. Schmeichel juga tercatat sebagai owner dari klub anak-anak, Hvidovre IF. Bersama beberapa investor, Schmeichel bahkan sempat mengambil alih Brondby IF senilai €33.5 juta, dan Schmeichel menjabat sebagai direktur olahraga.
  10. Putra Peter Schmeichel, Kasper Schmeichel, juga mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi kiper di klub liga premier inggris, Manchester City. Kasper saat ini masuk dalam skuat timnas Denmark U-19. Schmeichel masih mengenggam rekor tidak kebobolan atau clean sheet di Liga Inggris.

Sumber: [baca di blog ini]

Leave a Reply

Your email address will not be published.